Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 tips meng hemat uang yang menjadi masalah

9 tips meng hemat uang yang mennjadi masalah 

9 tips meng hemat uang yang mennjadi masalah
 tipsmeng hemat uang yang mennjadi masalah 


Nipon-eden:Sebagian  orang  memiliki kebiasaan buruk boros dan cenderung menghabiskan gaji bulanannya untuk barang dan hal-hal yang tidak terlalu penting.Apalagi anak muda yang baru mulai bekerja.

Mereka lebih suka mengikuti gaya baik pakaian,sepatu, dan membeli handphone terbaru atau untuk bermain game yang tidak perlu dengan teman tanpa ada batasan,dari pada menyisihkan sebagian pendapatannya untuk menghemat uang.

Apakah Anda salah satu orang yang disebutkan di atas ?

Tidak usah menyesali apa yang sudah terjadi,yakin pasti berbenah menghemat untuyik masa depan anda, pada artikel ini kami akan mencoba memberikan beberapa tips yang bisa memotivasi diri Anda untuk disiplin menabung uang bukan menabung barang ya.Hehehehe

Di zaman sekarang ini, koneksi dan internet adalah hal yang penting. Koneksi bahkan bisa dikatakan sebagai kunci sukses finansial seseorang.Sedangkan internet sumber informasi dan pemasaran barang jika anda pengusaha.

Dengan teman dan internet anda bisa mendapatkan koneksi dengan bersosialisasi dengan banyak orang.

Tetapi untuk menjadi seseorang yang aktif bersosialisasi biasanya akan ada beberapa hal yang dikorbankan.

Waktu anda sudah pasti,tetapi mengeluarkan uang juga tidak dapat dihindari.Semakin sering Anda bersosialisasi, semakin banyak uang yang terbuang sebagai biaya yang harus Anda keluarkan.


Jika sudah terlanjur bagaimana caranya agar tetap hemat meski harus aktif bersosialisasi?

 Berikut beberapa tips menghemat uang terbaik untuk Anda yang ingin tetap menghemat uang tanpa mengorbankan kehidupan sosial bermasyarakat:

1.Analisis biaya bulanan

Analisis biaya bulanan
Analisis biaya bulanan


Anda perlu melakukan analisa kecil-kecilan terhadap pengeluaran bulanan dan kebiasaan belanja Anda untuk mengetahui apa saja yang menyebabkan pengeluaran Anda menjadi membengkak (boros).

Tidak semua berbelanja itu buruk. Karena ada belanja yang benar-benar diperlukan untuk memenuhi kebutuhan dan merifresh atau merupakan belanja yang Anda hobi. Sehingga membuat anggaran membengkak.

Dengan mengetahui hal tersebut Anda bisa mengurangi beberapa kebiasaan boros dalam belanja . Mungkin Anda hanya perlu teman ngobrol, berjalan-jalan dan mencari kedai untuk menikmati secangkir kopi setelah bekerja. Jadi demikian Anda hanya perlu menyiapkan uang  untuk membeli kopi,tidak perlu membawa kartu ATM atau kartu kredit yang bisa menebabkan Anda untuk merogoh kocek lebih banyak.

2.Hindari buka atau menggunakan kartu kredit

Hindari buka atau menggunakan kartu kredit
kartu kredit


Cara berhemat yang juga biasa diajarkan oleh banyak motivator atau perencana keuangan adalah dengan menghindari penggunaan kartu kredit. Karena bisa menambah beban hutang pada tagihan yang harus dibayar setiap bulan tanpa mengetahui besarnya.

Penggunaan kartu kredit perlu dikurangi atau bahkan dihindari jika tidak bisa boros dalam mengontrol pengeluaran, sulit menghadapi godaan gaya atau fashian. Karena itu, cobalah melakukan pembelian dengan uang tunai atau dengan uang. Sehingga tidak menambah pengeluaran akibat pengeluaran kartu hutang yaitu kartu kredit.

3.Temukan solusi untuk pengeluaran yang boros

Temukan solusi untuk pengeluaran yang boros
menemukan solusi


Ada banyak hal yang menyebabkan orang membelanjakan uang melebihi apa yang mereka butuhkan.entah tergoda atau sudah menjadi kebiasaan yang dibiarkan saja.

Salah satu penyabanya,Karena mereka memiliki banyak waktu luang di luar jam kerja yang mereka lakukan untuk mengusir rasa bosan.Sehingga perlu mencari solusi lain untuk mengisi waktu luang ini.

Di saat-saat seperti ini, untuk menghilangkan rasa bosan dari sehari-hari di depan handphone atau laptop hingga bekerja dari rumah, Anda bisa mengisi waktu luang dengan hobby anda seperti bermain music,bahkan rehab sejenak untuk orah raga ringan atau menikmati dengan keluarga tanpa menyepelakan pekerjaan..

4.manfaatkan voucher atau diskon 

manfaatkan voucher atau diskon
diskon


Seiring dengan perkembangan di berbagai bidang terutama di bidang teknologi diskon,akan sangat membantu Anda dalam berhemat. Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai vocher diskon dari berbagai sumber.

Anda hanya perlu melakukan sedikit usaha untuk menemukannya. Anda bisa terus menikmati hidup yang Anda miliki sambil menabung, tentunya.

Hati-hati dengan diskon ?

Hati-hati dengan diskon ?
hati-hati diskon ?

Terkadang kebiasaan buruk boros,bisa terjadi tanpa disadari tau-tau uang habis.Jika demikian salah satu penyebabnya karena ada barang yang didiskon langsung beli tanpa pikir panjang.seharusnya menghemat uang untuk masa depan malah pembembakan keuangan anda.

5.Punya target di masa depan


Punya target di masa depan
masa depan


Seseorang yang memikirkan masa depan biasanya cenderung dapat memotivasi dirinya agar dapat mengontrol keuangan.Selain itu kondisi sekarang yang mereka hadapi lebih penting mana,mengikuti gaya contohnya fashion baik pria maupun perempuan sama saja.Atau lebih memetingkan kebutuhan pokok dengan syarat apa yang mereka miliki masih layak.

Contoh lain keperluan masa depan untuk menikah,bangun rumah semua itu perlu modal apalagi anda kriteria yang tidak ingin menyusahkan orang tua dan saudara.

6.Belajar disiplin mengatur keuangan

Belajar disiplin mengatur keuangan
disiplin


Orang yang sering menyepelekan suatu hal cenderung juga akan menyepelekan untuk disipplin untuk menabung.Besok masih ada waktu dan kesempatan.Padahal kesempatan yang ada sangat sulit didapat dengan mudah tanpa perjuangan.

Anda harus memotivasi diri untuk disiplin dalam menabung,agar kelak anda suatu saat bisa sejahtera yaitu dengan disiplin menghemat uang.

7.Dahulukan menabung sebelum belanja

Dahulukan menabung sebelum belanja


Saat pertama kali anda menerima slip gaji sisihkan dahulu untuk menabung minimal 10-30 pesrsen dari gaji anda.Setelah itu sisanya baru anda bagi sesuai keperluan anda secara adil.

Mencatat pengeluaran yang akan terjadi dapat membantu  mengatur pembagiaan uang di setiap gajian.dan jangan belanja melibihi target bulanan usahakan masih sisa,untuk keperluan tak terduga atau membeli barang anda inginkan.

8.Beli barang yang berkualitas dari pada menyesal

Beli barang yang berkualitas dari pada menyesal


Ada saat dimana anda tidak ingin membeli suatu barang tapi karena sebab tertentu seperti rusak,hilang atausebagainya anda harus membelinya.Contoh laptop beli seken,karena tergiur dengan harga yang murah anda membelinya tanpa pikir panjang padahal belum tentu awet.Bisa-bisa rusak setelah satu bulan.Anda coba mengalah sedikit tapi barang yang anda beli lebih awet dan berkualitas.

Walaupun seken cari yang harganya masih wajar tidak terlalu mahal dan terlalu murah untuk menghindari barang cepat rusak.kebutuhan yang menunjang anda sangat penting untuk pekerjaan jadi lebih selektiflah membeli barang apapun itu.

9.Belajar hidup lebih sederhana

Belajar hidup lebih sederhana


Nomor sembilan yang kami maksut adalah ketahui dulu kemampuan kita dalam mebeli suatu barang apapun,Semisal ingin membeli mobil tapi,hanya punya aung untuk dp saja itu nantinya akan sangat berat untuk kesedapnnya.

Apa yang kita miliki disyukuri terlebih dahuli masih ada motor,tenag menabung dulu,hemat uang saja.Sebab beban hidup kita akan semakin besar yang awalnya cukup Rp.50.000-70.000 cukup dalam satu hari ini malah minus.Bencana terbesar malah berhutang.

Jika sudah kenal hutang berat untuk menabung,tahu batasan diri dan lebih sederhana adalah satu kunci sukses keberhasilan seseorang.

Kerja

Selain menghemat anda dapat berbisnis ataupun kerja sampingan untuk membantu mencukupi kebutuhan pribadi anda.banyak kok jenis pekerjaan yang ada contohnya seperti saya menjadi bloggger seorang penulis.

Lakukan dengan setahap demi setahap dan perlahan-lahan untuk menabung

Manusia memiliki kecenderungan susah untuk merubah kebiasaan dalam hidup,Lakukan menabung atau tips menabung diatas secara perlahan.Awalnya anda perlu meamaksakan diri agar terbiasa.Tapi jika sudah terbiasa jika tidak melakukannya akan persaan tidak nyaman dihati.





Posting Komentar untuk "9 tips meng hemat uang yang menjadi masalah "